OPAK UIN Sunan Kalijaga Menanamkan Kesadaran Lingkungan

Mahasiswa baru sedang bersih-bersih sungai Gajah Wong

Penyebaran ikan oleh perwakilan KPGW dan panitia
SABTU (20/08) Jalan Raya Solo terasa macet, tampak para mahasiswa dan mahasiswi menyebrangi jalan raya menuju ke sungai Gajah Wong yang berposisi di sebelah museum Afandi. Sebagian mahasiswa berada di sebelah kanan jembatan dan sebagian di sebelah kiri jembatan mereka nampak antusias mengikuti tersebut. Mereka adalah mahasiswa baru dari Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSPI) yang sedang menjalankan salah satu agenda Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) yakni untuk melakukan bakti sosial bersih-bersih sungai. Acara ini diikuti oleh sekitar 300-an mahasiswa baru Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. 

OPAK Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam tahun 2016 ini bertemakan Improvisasi Kesadaran Mahasiswa dengan Pengetahuan Kritis, Religius, dan Humanis. Bermaksud agar mahasiswa baru menyadari bahwa pengetahuan harus diaplikasikan dalam kehidupan nyata dan sebagai upaya mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengabdian masyarakat. 
Acara ini disambut baik oleh masyarakat di sekitar sungai, Pak Budi selaku perwakilan dari Komunitas Peduli Gajah Wong (KPGW) mengatakan “kami sangat mengapresisasi acara ini sebab sungai harus dijaga bersama sebab sungai adalah milik bangsa Indonesia dan semoga acara ini setiap tahun tetap dilaksanakan” ujarnya. Riyadhuz Sholikin selaku ketua panitia mengatakan “Bakti sosial ini dilaksanakan atas dasar bahwa mahasiswa sebagai bagian dari rakyat harus peduli terhadap persoalan-persoalan masyarakat yang lain” tuturnya. Semangat antusias juga disampaikan oleh Hayatun Thaibah, salah satu peserta BAKSOS dari Pogram Studi Ilmu Hadis mengatakan “BAKSOS ini penting dilaksanakan agar kita bisa lebih mengenal alam berserta masalah-masalahnya, dan juga agar mahasiswa mempunyai kepekaan sosial yang tinggi” ujarnya dengan semangat.   

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan III Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Muhammad Amin, dan perwakilan dari Lembaga Kegiatan Mahasiswa (LKM) FUSPI. Acara BAKSOS ini selesai pukul 15.30 WIB dengan melepas sebanyak 500 benih ikan dengan macam-macam jenis dan penyerahan alat bersih-bersih sungai kepada masyarakat yang berada di bantaran sungai Gajah Wong yang tergabung dalam Komunitas Peduli Sungai Gajah Wong. Penyerahan alat-alat kebersihan dilakukan oleh Moh.Romli selaku perwakilan dari LKM FUSPI, penyebaran benih dilakukan oleh Pak Budi selaku ketua KPGW dan Riyadh selaku ketua panitia OPAK. Acara ini ditutup dengan semangat sorak suara disertai tepuk tangan yang meriah. (QUDS/UUR) 

0 Response to "OPAK UIN Sunan Kalijaga Menanamkan Kesadaran Lingkungan"